Kabupaten MAJALENGKA Membutuhkan banyak CPNS

Kabupaten Majalengka yang terletak di Provinsi Jawa Barat saat ini masih kekurangan banyak PNS. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Majalengka, Ahmad Sodikin melalui Kabid Informasi Kepegawaian dan Pengadaan Pegawai Nasir Salmuni menjelaskan, pihaknya belum tahu persis terkait adanya seleksi penerimaan CPNS tahun 2012 di daerah. Sebab, kata dia, BKD sendiri belum menerima surat edaran dari Kemen-PAN dan RB RI. “Kalaupun ada, pasti langsung kami sosialisasikan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Majalengka,” ujarnya ketika ditemui di kantornya.
Terkait berapa jumlah pegawai yang diusulkan nantinya, Nasir belum bisa memastikan lebih jauh. Dia hanya memberikan gambaran kebutuhan pegawai di Kabupaten Majalengka yang saat ini masih kurang. “Jumlah PNS yang ada di Kabupaten Majalengka hingga pertengahan Januari 2011 yakni sebanyak 14.476 pegawai. Turun 31 pegawai dibandingkan akhir Desember 2011 yang hanya mencapai 14.507 pegawai. Penurunan ini disebabkan adanya proses pindah pegawai, pensiun, dan meninggal dunia,” jelasnya.
Nasir memastikan, usulan yang diberikan kepada pemerintah pusat kalau memang CPNS tahun 2013 digelar, tidak sepenuhnya hasil dari proses pengusulan di awal tahun 2011. Di mana pada awal tahun 2011 belum diberlakukan moratorium PNS oleh pemerintah pusat. “Sebetulnya pada awal tahun 2011, kami sudah mengajukan beberapa formasi PNS di Kabupaten Majalengka. Tapi karena empat bulan kemudian muncul moratorium PNS, jadinya formasi yang diusulkan dianggap gugur,” paparnya.
Lalu apakah akan diberlakukan usulan yang baru? Nasir mengiyakannya. “Kami mengakui kalau jumlah pegawai di Kabupaten Majalengka kurang. Untuk usulan berikutnya yang berlaku di seleksi CPNS tahun 2013 nanti, dipastikan berubah dari usulan sebelumnya (awal tahun 2011). Kami di daerah menuruti aturan  dari pemerintah pusat saja dan pemerintah daerah,” ulasnya.
Lebih jauh pria berkumis ini menegaskan, kalau ada peluang menggelar seleksi CPNS di tahun 2013, BKD akan menunggu kebijakan Bupati Majalengka. Apakah mau mengusulkan lagi CPNS atau tidak. “Menurut saya, meski moratorium PNS berakhir di akhir Desember 2012, tidak otomastis pasti ada CPNS. Tapi kita berharap dengan kekurangan pegawai di Kabupaten Majalengka bisa tertutupi dengan adanya penerimaan CPNS di tahun 2013 mendatang,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Majalengka, Eman Suherman mengatakan, sebagai leading sector pembuatan kartu kuning yang juga persyaratan mengikuti seleksi CPNS, pihaknya memberi hak bagi siapa pun. Sebab, pelayanan pembuatan kartu  kuning adalah kewajiban Dinsosnakertrans Kabupaten Majalengka.
Eman menjelaskan, untuk tahun 2011, jumlah peminta pembuatan kartu kuning mencapai 12.561 orang. “Kalau tahun 2013 ada seleksi CPNS, pasti banyak yang bikin kartu kuning. Kami siap melayaninya,” tuturnya.

Popular posts from this blog

PENERAPAN METODE MENGAJAR INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR (Bagian 2)

Tanya Jawab seputar SOSIOLINGUISTIK

PSYCHOLINGUISTICS: LANGUAGE AND THE BRAIN