Pengertian Pendidikan Agama Islam, Dasar Pendidikan Agama Islam, dan Tujuan Pendidikan Agama Islam

Oleh : Ferdiansyah Syaiful Hijrah

1. Pengertian Pendidikan Agama Islam

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1994:232) kata ‘pendidikan’ berasal dari kata ‘didik’, lalu kata ini mendapat awalan pe dan akhiran an sehingga menjadi ‘pendidikan’, yang artinya “Proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia, melalui upaya pengajaran dan pelatihan ; atau proses perbuatan, cara mendidik”.

2. Dasar Pendidikan Agama Islam

Dasar adalah landasan untuk berdirinya sesuatu, fungsi dasar ialah memberikan arah kepada tujuan yang akan dicapai dan sekaligus sebagai landasan untuk berdirinya sesuatu (Nizar, 2000:95).



Dasar pendidikan agama Islam dapat ditinjau dari segi yuridis/hukum dan dasar religius, yaitu :

a. Dasar yuridis/ hukum, yang tercakup dalam segi ini adalah :

1) Landasan idiil Pancasila, sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung pengertian bahwa seluruh bangsa Indonesia harus percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa atau dengan kata lain harus beragama. Untuk mewujudkan manusia yang mampu mengamalkan ajaran agamanya sangat diperlukan pendidikan agama karena pendidikan agama mempunyai tujuan membentuk manusia bertaqwa kepada Allah swt.

3. Tujuan Pendidikan Agama Islam

Pendidikan untuk agama umumnya merupakan tujuan atau bagian dari tujuan lembaga – lembaga agama yang menyelenggarakan sekolah – sekolah. Menurut Nur Uhbiyati (1993 : 34) bahwa : “tujuan pendidikan ialah keributan yang hendak dilakukan pendidik pada anak didiknya agar tercapai hasil terakhir dari segala perbuatannya, seperti suatu kondisi atau sifat dari masyarakatnya : Keadilan sosial pada plato atau Kemerdekaan Indonesia pada Ki Hadjar “.

Sedangkan tujuan pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat, sebagaimana dikutip oleh Nur Uhbiyati (1999 ; 41) bahwa : “ tujuan pendidikan Islam secara keseluruhan, yaitu kepribadian seseorang yang membuatnya menjadi Insan kamil dengan pola taqwa “. Insan kamil artinya manusia utuh, baik rohani maupun jasmani yang dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal, karena taqwanya kepada Allah Swt.

============================================================

Artikel di atas adalah ringkasan, karena artikel sebenarnya berupa file Ms Word (.rtf), dapat anda download secara gratis (disimpan di Mediafire) dengan mengklik  link di bawah ini.

link download :

Pengertian, Dasar,dan Tujuan PAI

 

Popular posts from this blog

PENERAPAN METODE MENGAJAR INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR (Bagian 2)

Tanya Jawab seputar SOSIOLINGUISTIK

PSYCHOLINGUISTICS: LANGUAGE AND THE BRAIN