Bahasa Inggris Untuk Pemula



Salah satu motivasi saya membuat blog ini adalah ingin membagi sedikit pengetahuan tentang pembelajaran bahasa Inggris. Memang saya belum bisa disebut sebagai ahli atau pakar bahasa Inggris. Saya hanya ingin berbagi, sesuai dengan judul blog ini. Berbagi maksudnya "take and give", artinya saya yakin dengan membagi pengetahuan yang saya miliki,sayapun akan mendapat pengetahuan baru dari orang lain.


Untuk artikel pertama tentang bahasa Inggris untuk pemula ini, saya akan memuat artikel saya yang pernah dimuat di http://www.himasi-unma.co.cc/, yaitu blog milik Prodi Bahasa Inggris Universitas Majalengka. Topiknya yaitu tentang "abbreviation". Langsung saja kita lihat rinciannya di bawah ini.
Bagi Mahasiswa bahasa Inggris seharusnya tidak asing dengan istilah "abbreviation". Tetapi jika belum tahu juga, OK deh ku aa dipasihan terang nya. Secara singkat abbreviation itu adalah singkatan atau kependekan. Iya singkatan, maksudnya suatu frase baik itu berupa nama negara, lembaga atau nama orang dipendekkan menjadi hanya beberapa huruf saja. Dalam bahasa Inggris ternyata tidak ada perbedaan yang signifikan dengan bahasa Indonesia dalam aturan mengenai singkatan.

Ini dia beberapa ketentuan atau kelaziman mengenai abbreviation dalam bahasa Inggris:
  1. Banyak abbreviation dalam bahasa Inggris diambil dari huruf depan yang penting dari suatu frase. Misalnya BA (Bachelor of Arts) tidak disingkat menjadi BOA. Kemudian contoh lainnya: UFO (Unidentified Flying Object), IQ (Intelligence Quotient), USA (United States of America) dll.
  2. Dalam Bahasa Inggris zaman dahulu, biasanya singkatan dipisahkan dengan titik. Contohnya: U.S.A, B.A, U.F.O, I.Q. Namun dalam bahasa Inggris modern tidak dikenal pemakaian tanda titik antar huruf singkatan seperti di atas. Sehingga penulisan singkatan-singkatan di atas menjadi : USA, BA, UFO, IQ.
  3. Pelafalan/pengucapan (pronunciation) singkatan dalam bahasa Inggris adalah biasanya diucapkan dengan memberi tekanan utama pada huruf akhir singkatan tersebut. Misalnya: USA diucapkan /,ju: es 'ei/ dengan tekanan yang lebih kuat ketika mengucapkan 'ei.
  4. Pengucapan article (ingat, article terdiri dari a, an & the) sebelum suatu singkatan adalah tergantung dari pronunciation (bunyi vokal ataukah konsonan) huruf awal dari suatu singkatan. Contoh: didepan UFO hendaklah diletakkan a bukan an. Kenapa? karena UFO jika diucapkan adalah /yu ef ouw/ sehingga yang benar adalah a UFO bukan an UFO. Contoh lainnya: the USA dibaca /de yu es 'ei/ bukan /di yu es 'ei/.
  5. Beberapa singkatan diucapkan seperti layaknya sebuah kata. Sebagai contoh: NATO biasa dibaca /netteu'/ bukan dibaca /en ei ti ou:/. Begitu pula UNESCO dibaca /yuneskou:/ bukan dibaca /yu en i es si ou:/. Singkatan-singkatan di atas bukan lagi abbreviations tetapi disebut acronyms. Sebuah acronym harus diperlakukan sebagai kata, bukan sebagai singkatan. Maksudnya kita tidak boleh menaruh article di depan sebuah acronym. Sehingga tidak benar jika kita menulis the NATO atau a UNESCO.
  6. Nama negara, organisasi internasional dll mempunyai singkatan yang berbeda dalam berbagai bahasa. Sebaga contoh: negara UNI SOVIET (sekarang Rusia) dalam bahasa Inggris disingkat menjadi USSR, akan tetapi dalam bahasa Perancis disingkat menjadi URSS.
Itulah beberapa ketentuan mengenai abbreviation, khususnya dalam bahasa Inggris. Tulisan ini tentu masih banyak kekurangan. Untuk itu saran dan masukan sangat kami harapkan. Silakan berkomentar dengan menggunakan shoutbox disamping atau bisa juga mengisi kotak komentar di bawah tulisan ini. Sampai jumpa dalam tulisan berikutnya. See yaa.....

Popular posts from this blog

PENERAPAN METODE MENGAJAR INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR (Bagian 2)

Tanya Jawab seputar SOSIOLINGUISTIK

PSYCHOLINGUISTICS: LANGUAGE AND THE BRAIN