Adapun
pengertian CTL menurut Tim Penulis Depdiknas (2003:5) adalah sebagai berikut :
”Kontekstual
(Contextual Teaching and Learning)
adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang
diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan
antara pengetahuan yang dimilikinya dengan perencanaan dalam kehidupan mereka
sehari–hari”.
Pendekatan
CTL diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung
alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalaminya. Dalam konteks
itu, siswa perlu mengerti apa makna belajar, apa manfaatnya, dalam status apa
mereka, dan bagaimana mencapainya. Mereka sadar bahwa yang mereka pelajari
berguna bagi kehidupannya nanti. Dalam kelas kontekstual, guru berusaha
membantu siswa mencapai tujuan. Maksudnya guru lebih bannyak berurusan dengan
strategi daripada memberi informasi. Tugas guru adalah mengelola kelas sebagai
sebuah tim yang bekerja bersama untuk menemukan pengetahuan dan ketrampilan
yang baru bagi siswa. Pengetahuan dan keterampilan diperoleh dengan menemukan
sendiri bukan apa kata guru.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan
bahwa dalam pembelajaran CTL guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide–ide dan mengajak siswa agar dengan
menyadari dan dengan sadar menggunakan strategi–strategi mereka sendiri untuk
belajar. Guru dapat memberi siswa tangga yang dapat membantu siswa mencapai
tingkat pemahaman yang lebih tinggi, namun harus diupayakan agar siswa sendiri yang
memanjat tangga tersebut.
Untuk lebih memahami mengenai Pengertian CTL, mari kita tonton video di bawah ini: