Bantu Mereka Tersenyum

Terkadang kita merasa banyak ditimpa masalah. Apalagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak, seperti saya misalnya. Masalah bukan lagi seputar diri sendiri, melainkan juga istri dan anak. Seakan masalah makin bertambah setiap hari.



Ya, jika hanya fokus pada diri sendiri, maka seolah hanya kitalah yang paling banyak masalah. Sekarang mari kita menoleh ke kiri dan ke kanan. Lihat sekeliling. Amati lalu cermati. Barulah kita akan sadar bahwa banyak orang yang masalahnya jauh lebih besar dari kita. Asahlah kepekaan kita untuk mengenali hal tersebut. Memang butuh latihan dan kebiasan untuk mengasah kepekaan.

Salah satu cara untuk mengasah kepekaan adalah dengan ikut serta dalam kegiatan bakti sosial (baksos). Alhamdulillah kemarin (19 Januari) saya ikut serta dalam Baksos Sinergi Lintas Komunitas yang digelar serentak di 14 kota. Ada kurang lebih 20 komunitas/organisasi kemasyarakatan yang terlibat dalam baksos ini.

Baksos ini digagas oleh BMT Berjamaah, sebuah lembaga bisnis syari'ah yang didirikan oleh saya dan teman-teman. Visi BMT Berjamaah adalah menjadi lembaga bisnis pertama murni syariah dan terbesar di Indonesia. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih jauh, silakan follow @BMTBerjamaah atau klik www.BMTBerjamaah.com. BMT Berjamaah juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan sosial. Untuk kegiatan sosial ini ada akunnya tersendiri, yaitu @BantuBerjamaah. Silakan follow. BMT Berjamaah juga menginisiasi komunitas anti riba yang bernama #LawanRiba. Silakan follow @LawanRiba (tetapi ada rencana nama komunitas ini akan diganti. Tunggu pengumuman selanjutnya ya hehehe).

Kembali ke perihal Baksos. Saya kemarin ikut serta di Baksos Cirebon. Tempatnya di Klinik Khitan dr. Rio Adhi Wicaksono. Beliau pula yang menjadi koordinator Baksos Cirebon. Kegiatannya berupa pengobatan gratis, pembagian sembako, dan tausiyah. Alhamdulillah ada 187 penerima manfaat yang terlayani.

Baksos ini memang hanya langkah kecil yang kami jalani. Semoga ini jadi pemantik yang mampu menyalakan "api" semangat yang lebih besar. Aamiin yaa Robbal 'aalamiin.


Keterangan foto: 1-5 kegiatan baksos. Foto paling bawah, saya dan dokter Rio Adhi Wicaksono.



Popular posts from this blog

PENERAPAN METODE MENGAJAR INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR (Bagian 2)

Tanya Jawab seputar SOSIOLINGUISTIK

PSYCHOLINGUISTICS: LANGUAGE AND THE BRAIN