Kajian Pustaka tentang CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

image 1. Pengertian dan Konsep Dasar Strategi Pembelajaran CTL
a. Pengertian CTL
Kata kontekstual (contextual) berasal dari kata context yang berarti ”hubungan, konteks, suasana dan keadaan (konteks) ” (KUBI, 2002 : 519). Sehingga Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang berhubungan dengan suasana tertentu. Secara umum contextual mengandung arti : Yang berkenan, relevan, ada hubungan atau kaitan langsung, mengikuti konteks; Yang membawa maksud, makna, dan kepentingan.



b. Konsep Dasar Strategi Pembelajaran CTL
CTL adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Dari konsep diatas terdapat tiga hal yang harus kita pahami :…..
============================================================
ARTIKEL DI ATAS HANYA MERUPAKAN SEBUAH RINGKASAN. Untuk file secara lengkap, silakan sobat mendownload dengan meng-klik link di bawah ini (File dalam bentuk Microsoft Word).
Untuk download kajian pustaka tentang Contextual Teaching and Learning (CTL) : KLIK DISINI
(Tunggu sampai muncul tulisan “SKIP AD” di pojok kanan atas layar komputer anda,kemudian klik tulisan “SKIP AD” tersebut, kemudian akan muncul tulisan “CLICK HERE TO DOWNLOAD” maka anda langsung dapat mendownload file ini)