Perbedaan Penggunaan “About” dengan “On”

image

Ini adalah artikel pertama saya setelah sekian lama (yah kira-kira 6 bulanLaughing). Beberapa minggu yang lalu memang saya pernah membuat artikel, tapi itu hanya pemberitahuan bahwa saya akan mulai menulis lagi. Eh setelah menulis artikel itu ada surat tugas mengikuti Prajabatan, jadi ya baru sekarang deh mulai menulis lagi.

Coba kita perhatikan dua kalimat di bawah ini:



  1. A book on Indramayu
  2. A book about Indramayu

Dari segi terjemahan, kedua kalimat itu tidak ada perbedaan, yaitu sama-sama mempunyai terjemahan “sebuah buku tentang Indramayu”. Tetapi sebetulnya ada perbedaan konteks dalam kedua kalimat di atas.

Pada kalimat pertama menggunakan kata penghubung on. Kata on digunakan untuk menunjukkan bahwa buku tersebut bersifat serius atau akademis, cocok untuk para pakar.

Sedangkan pada kalimat kedua menggunakan kata penghubung about. Kata about digunakan untuk menunjukkan bahwa buku tersebut bersifat umum, atau gaya bahasa dalam buku tersebut lebih bersifat kasual.

Untuk memperdalam pemahaman kita, mari kita bandingkan kalimat-kalimat berikut:

  1. A textbook on Indramayu history (sebuah buku pelajaran tentang sejarah Indramayu). A book for children about Indramayu and its peoples (Sebuah buku untuk anak-anak tentang Indramayu dan penduduknya).
  2. A lecture on economics (Sebuah perkuliahan tentang ekonomi). A conversation about money (Sebuah percakapan tentang uang).

Semoga bermanfaat Wave



Popular posts from this blog

PENERAPAN METODE MENGAJAR INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR (Bagian 2)

Tanya Jawab seputar SOSIOLINGUISTIK

PSYCHOLINGUISTICS: LANGUAGE AND THE BRAIN