Benarkah bahasa Inggrisnya “MENURUT SAYA” itu adalah “ACCORDING TO ME” ???

image Sebelum kita mulai membahas tema di atas, perkenankan saya mengucapkan “Wilujeng Nisfu Sya’ban” Happy. Semoga amal ibadah kita termasuk yang diterima oleh Allah SWT. Aamiin. Baiklah kita kembali ke topik di atas, cekidot………

Ketika hendak mengemukakan pendapat dalam Bahasa Inggris,barangkali kita sering mengawali dengan kata “according to me”. Misalnya seperti contoh kalimat di bawah ini:



  1. According to me, the price of those shoes are too high (Menurut saya, harga sepatu itu terlalu tinggi).
  2. According to me, your attitude is good enough (Menurut saya, perilakumu sudah cukup bagus).
  3. According to me, the weather in Majalengka is comfortable (Menurut saya,cuaca di Majalengka cukup nyaman).

Jika kalimat-kalimat seperti di atas digunakan dalam percakapan sehari-hari tentu itu sah-sah saja. Tetapi dalam kaidah Bahasa Inggris, penggunaan frase “according to” untuk menyatakan pendapat pribadi itu kurang tepat. Karena penggunaan according to sesungguhnya digunakan ketika kita ingin mengatakan bahwa informasi yang kita sampaikan kepada orang lain itu bersumber dari seseorang, atau dari buku, koran, internet, dll.

Jadi penggunaan according to yang tepat terdapat pada kalimat-kalimat di bawah ini:

  1. According to my mother, the price of those shoes are too high (Menurut Ibu saya, harga sepatu itu terlalu tinggi).
  2. According to Mr. Ferdi, your attitude is good enough (Menurut Pa Ferdi, perilakumu sudah cukup bagus).
  3. According to detik.com, the weather in Majalengka is comfortable (Menurut situs detik.com, cuaca di Majalengka cukup nyaman).

Jika kita ingin mengemukakan pendapat yang bersumber dari diri kita pribadi, maka gunakanlah “in my opinion” (dipergaulan dunia maya biasanya disingkat IMO). Jadi kalimat yang tepat adalah seperti di bawah ini:

  1. In my opinion, the price of those shoes are too high (Menurut saya, harga sepatu itu terlalu tinggi).
  2. In my opinion, your attitude is good enough (Menurut saya, perilakumu sudah cukup bagus).
  3. In my opinion, the weather in Majalengka is comfortable (Menurut saya,cuaca di Majalengka cukup nyaman).

Semoga bermanfaat Wave.