Page Rank Blog Saya & Sahabat-sahabat Saya

page rank

Tadi malam saya buka blog saya, dan kaget begitu melihat Page Rank (PR) blog saya berubah menjadi 2. Kontan saja saya begitu bahagia . Karena blog saya baru berusia sebulan (diluncurkan 13 Maret 2010 dan sekarang 12 April 2010) maka pencapaian PR 2 ini begitu luar biasa menurut saya (narsis dikit ). PR blog saya ini menyamai blognya Kang Eka yang diluncurkan pada tanggal 27 Januari 2010, dan blognya cukup keren menurut Saya. Hasil pencarian saya di Google menunjukkan bahwa ada beberapa orang yang mengatakan untuk mendapatkan Page Rank 1 saja lumayan sulit.

Bagi Saudara yang belum mengetahui apa itu Page Rank, Saya coba kutip dari wikipedia. PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.



Jika kita ingin mengetahui Page Rank suatu situs, maka kunjungilah situs http://www.prchecker.info/.

Berikut ini Page Rank beberapa situs terkenal: Yang paling tinggi page rank-nya adalah Google yaitu 10, sementara Yahoo memiliki page rank 9. Blog ShoeMoney memiliki page rank 6, Kompas page rank 7, dan detiksport page rank-nya 6.  Salah satu blog gratisan orang Indonesia yang page rank-nya 5 adalah blog www.jurnalisme.wordpress.com. Jadi, page rank adalah adalah algoritma yang dibuat google untuk menentukan seberapa penting atau populer sebuah situs (blog atau website). Fungsi lain page rank ini yaitu untuk mengurutkan situs di daftar pencarian google. (dikutip dari: Kang Herman Yudiono).

Tentu Saya masih kalah dibandingkan dengan Sahabat-sahabat saya yang senior, mereka PR nya sudah tinggi. Tapi ya lumayanlah saya dapat PR 2 juga, cukup bagus untuk pemula seperti saya.

Berikut ini daftar PR blog Saya dan blog Sahabat-sahabat Saya yang ada di Partner Sites:

  1. Saya, Kang Ferdiansyah Syaiful Hijrah (http://syaifulhijrah.blogspot.com/) Page Rank: 2
  2. Kang Eka (http://ekagurunesama.blogspot.com/) Page Rank: 2
  3. Kang Annas (http://bakudara.com/) Page Rank: 3
  4. Kang Iwan (http://kang.iwansusanto.com/) Page Rank: 1
  5. Kang Asep (http://asepsaiba.wordpress.com/) Page Rank: 3
  6. Kang Mumun Surahman (http://smpn2bantarujeg.blogspot.com/) Page Rank: N/A (Not Available)
  7. Kang M. Zakariah (http://interisty.wordpress.com/) Page Rank: 3
  8. Free Tips Page Rank: 3
  9. Dakwah Kampus Page Rank: 2
  10. Wiralodra.com Page Rank: 1