HATI-HATI!!! FACEBOOK BERENCANA MEMBAGIKAN DATA ANDA PADA PIHAK KETIGA TANPA PERSETUJUAN ANDA

 

facebookKemarin (26 Maret 2010), Facebook merilis sebuah usulan kebijakan privasi yang cukup berani (dan mungkin menyeramkan ) yaitu fitur baru: beberapa mitra pihak ketiga akan diizinkan untuk mengakses dan menggunakan data Facebook Anda tanpa persetujuan terlebih dahulu. Maksud dari pihak ketiga adalah website-website (situs-situs) yang menjadi partner dari facebook.

Jadi suatu saat anda jangan heran jika anda memasuki sebuah halaman situs tertentu, anda akan mendapati wajah teman-teman anda ada di situ, status terbaru anda juga terpampang lengkap dengan lokasi tempat tinggal anda bahkan data-data pribadi lainnya. Mungkin anda akan berkata “Wah Saya sudah disadap!!!”, padahal anda tidak disadap, melainkan facebook memberikan data anda pada situs tersebut.

Lalu apakah kita harus menutup akun kita di facebook agar data kita tidak disalahgunakan??? TIDAK PERLU karena ada cara untuk mengatasinya. Kuncinya adalah

pada pengaturan privasi pada akun kita. Langkah pertama adalah klik menu “Akun” yang ada di sebelah kanan atas (bagi yang menggunakan bahasa Inggris, klik “Account”). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

image 

Kemudian klik “informasi profil”. Lalu setelah itu rubah semua yang bertuliskan “semua orang” menjadi “Hanya Teman” atau “Teman dari Teman”.

image

RUBAH MENJADI:

image

ATAU:

image

Dengan perubahan pengaturan di atas, maka anda akan terhindar dari penyalahgunaan data pribadi anda. Semoga bermanfaat.



Popular posts from this blog

PENERAPAN METODE MENGAJAR INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR (Bagian 2)

Tanya Jawab seputar SOSIOLINGUISTIK

PSYCHOLINGUISTICS: LANGUAGE AND THE BRAIN